"Selamat datang di Blog saya, Semoga bermanfaat :D "

Sabtu, 03 November 2012

BAHAYANYA ROKOK UNTUK KESEHATAN


BAHAYANYA ROKOK UNTUK KESEHATAN

          Tidak sedikit orang yang merokok dari dewasa, pria, wanita, remaja bahkan anak-anak yang sudah banyak kecanduan rokok. Padahal tidak sedikt dari kita banyak yang tahu bahaya rokok bagi kesehatan kita. Dan padahal pada bungkus rokok tertulis jelas bahwa “ Rokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan janin. Tetapi seakan tulisan itu diabaikan dan rok mengambil resiko yang amat berbahaya bagi kesehatannya.
         Rokok dapat menumbulka asap yang tidak sedap, dan rokok dapat membuat orang sesak nafas jika menghirupnya. Didalam rokok juga tergandung 1000 jenis senyawa kimia. Merokok dapat merugikan si perokok sendiri dan orang lain yang menghirup asapnya(perokok pasif). Didalam rokok terdapat beberapa bahan beracun yaitu tar, nikotin, dana karbon monoksida. Efek dari tar itu adalah dapat menyebabkan timbulnya kanker paru-paru, dan tar juga menjadi penyebab iritasinya paru-paru yang menyebabkan batuk-batuk. Dan efek dari nikotin yaitu dapat menaikkan tekanan darah dan detak jantuk yang menimbulkan ketagihan, hal ini sulit sekali si perokok tersebut lepas dari ketagihan rokok.. Sedangkan efek dari karbon monoksida yaitu berkurangnya suplai oksigen, padahal kekurangan oksigen dapat menjadi gengguan pernafasan terutama pada ibu hamil. Bayi yang dilahirkan juga kemungkinan berat badannya kurang dari normal.
          Bahaya perokok pasif juga sangat berbahaya karena perokok pasif adalah orang yang menghirup asap rokok yang dikeluarkan dari mulut si perokok. Karena bukan hanya si perokok sendiri yang rentang terkena penyakit tetapi orang yang tidak merokok yaitu perokok pasif pun rentang terkena penyakit akibat menghirup asapnya saja. Jadi merokok itu sangat berbahaya bagi kesehatan kita jika mengkonsumsinya terlalu berlebihan, karena sangat merugikan diri sendiri dan orang lain.

1 komentar:

  1. Sebaiknya dihindari saja demi kesehatan kita dan orang disekitar kita....

    BalasHapus